Starluzz

Scan Barcode Bpom Tanpa Aplikasi

Setelah scan barcode produk, Silahkan masukan kode atau nomor barcode untuk menemukan data produk tersebut dibawah ini.

Contoh : (90)na18221701516(91)250825 atau 8997208071791

Cek Barcode Keaslian Produk Online

Cek BPOM itu menjadi salah satu hal yang mungkin tidak banyak dilakukan, padahal sebenarnya Cek No Bpom sangat penting. Scan cek BPOM itu akan bisa membantu Anda mengetahui apakah sebuah makanan, obat atau bahkan kosmetik itu aman atau tidak. Dan menurut kami mengetahui Cek No Bpom adalah hal penting agar supaya Anda bisa memilih produk dengan benar.

BPOM adalah sebuah badan khusus milik pemerintah yang memang mengawasi mengenai peredaran berbagai produk di Indonesia. Mulai dari produk makanan, minuman, obat-obatan bahkan sampai dengan kosmetik itu harus diawasi oleh BPOM terlebih dahulu. Produk yang sudah lolos BPOM ini berarti sudah layak pakai atau konsumsi dan sudah pasti aman untuk manusia nah anda bisa ikuti cara Scan Cek Bpom disini.

Melakukan cek BPOM merupakan hal penting untuk memastikan apakah produk yang akan digunakan atau dikonsumsi benar-benar aman dari zat berbahaya atau tidak. Berkat kecanggihan teknologi yang kian maju, sekarang kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui platform online.

Prosesnya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan website khusus serta perangkat yang terhubung dengan internet, bisa berupa ponsel ataupun laptop.

Meski sudah sering mendengar istilah cek BPOM, tetapi tidak sedikit orang yang belum mengerti apa BPOM itu sendiri. Sederhananya, istilah tersebut merujuk pada sebuah lembaga yang ada di pemerintahan dengan tugas mengecek keamanan produk-produk sebelum beredar di pasaran luas.

BPOM merupakan kepanjangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan yang merupakan lembaga dengan tugas mengawasi peredaran obat sekaligus makanan di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat bisa menghindari produk-produk dengan kandungan berbahaya.

Produk-produk yang telah lolos pemeriksaan BPOM biasanya akan diberikan nomor registrasi. Jika pada kemasan produk sudah memiliki nomor pemeriksaan BPOM, itu berarti produknya aman digunakan atau dikonsumsi.

Sayangnya, tidak jarang beberapa pihak berlaku curang dengan memanfaatkan wadah bekas produk tertentu yang telah berlabel BPOM. Hasilnya, produk di dalamnya tidak teruji kandungan serta kualitasnya.

Bahkan sering ditemukan bahan-bahan berbahaya di dalam produk yang memanfaatkan kemasan bekas pakai. Umumnya, teknik ini dilakukan oleh para penjual kosmetik nakal agar meraup untung besar.

Supaya hal-hal tidak diinginkan dapat diminimalisir, BPOM telah membuka sebuah website yang dapat diakses secara bebas untuk mengecek kode unik produk. Dari kode tersebut nantinya akan muncul data apakah produknya sudah benar-benar ada di dalam database BPOM atau belum.

Penjelasan Mengenai Izin Edar BPOM

Produk yang beredar di pasaran harus mendapatkan izin edar dari BPOM. Izin edar sendiri hanya dapat dikeluarkan oleh pihak-pihak tertentu termasuk BPOM. Perizinannya sendiri berupa izin edar untuk produk pangan, obat, makeup, dan lain sebagainya.

Tidak hanya terbatas barang hasil produksi industri besar, barang hasil rumahan dan industri kecil juga harus lolos BPOM. Hal ini berdasarkan aturan yang terdapat dalam Peraturan Kepala Badan POM No.27 Tahun 2017 mengenai Pendaftaran Pangan dan Olahan.

Tidak semua barang dapat lolos izin edar, hanya yang memenuhi standar khusus bisa mengantongi sertifikat dari BPOM. Adanya sertifikat tersebut menjadi penguat bahwa barang yang beredar di pasaran aman digunakan ataupun dikonsumsi.
Lebih lanjutnya, peraturan di atas juga menyebutkan bahwa setiap produk pangan olahan baik yang diproduksi di dalam negeri atau diimpor wajib memiliki izin edar resmi dari BPOM. Aturan ini berlaku untuk produk yang diperdagangkan dalam jumlah besar atau eceran.

Selanjutnya menurut Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Pasal 2, menyebutkan bahwa BPOM dalam hal ini mengemban tugas menjalankan pengawasan obat dan makan. Seluruh produk yang beredar harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Makanan serta obat-obatan yang masuk ke dalam daftar pengawasan BPOM adalah bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Tugas dan Wewenang Badan Pengawas Obat dan Makanan

Nama BPOM sering disebut-sebut dalam pembahasan mengenai izin edar produk. BPOM sendiri merupakan sebuah lembaga milik pemerintah yang menjalankan tugas mengawasi peredaran makanan minuman, obat-obatan, dan sejenisnya.

Membahas mengenai tugas dan wewenang BPOM, hal itu dibahas dalam Peraturan Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Badan Pengawas Obat Makanan pada pasal 2.

Pasalnya berisi informasi tugas dari BPOM yaitu melaksanakan kebijakan di bidang pengawasan obat dan makanan, yang meliputi pengawasan atas produk terapetik, narkotika, psikotropika, zat adiktif, obat tradisional, kosmetik, produk komplemen serta pengawasan atas keamanan pangan dan bahan berbahaya.

Beralih ke wewenangnya, dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan pada pasal 4, menyebutkan bahwa wewenang BPOM adalah (1) menerbitkan izin edar produk dan sertifikat sesuai dengan standar dan persyaratan keamanan, khasiat/manfaat dan mutu, serta pengujian obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, (2) melakukan intelijen dan penyidikan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan (3) memberikan sanksi administratif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Informasi Saat Cek BPOM

Pada saat Anda cek no BPOM, maka akan ada beberapa informasi yang akan bisa Anda dapatkan mengenai produk tersebut. Nah informasi tersebut kebanyakan akan memberi tahu kepada Anda apakah produk tersebut aman atau tidak dan mendapat perlindungan konsumen atau tidak. Berikut beberapa informasi Aplikasi scan barcode BPOM itu.

  1. Saat Anda cek BPOM, akan ada banyak sekali nomor registrasi dari berbagai produk makanan, obat, minuman sampai ke produk kosmetik.
  2. Saat Anda cek dengan aplikasi scan barcode BPOM, maka akan muncul pendaftar, nama produk, jenis produk, sampai ke merek.

Kegunaan Melakukan Cek BPOM

Ada beberapa kegunaan sebenarnya dengan Anda melakukan Cek No Bpom sebelum Anda membeli, memakai, atau mengonsumsi suatu produk. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih kegunaannya yang memang sebenarnya cukup penting untuk dilakukan.

  1. Kegunaan yang paling pertama itu adalah Anda akan bisa mengetahui apakah produk tersebut sudah terdaftar atau belum. Bila sudah terdaftar, maka sudah pasti akan bisa lebih aman untuk Anda pakai atau konsumsi.
  2. Anda juga jadi tahu bahan apa saja yang ada di produk tersebut, sehingga Anda bisa memastikan apa yang Anda konsumsi. Jadi scan cek BPOM itu sangat berguna sebenarnya.
  3. Bisa mengerti juga soal dampak dari produk tersebut itu apa saja

Cara Scan Barcode BPOM Tanpa Aplikasi

Ada beberapa orang yang masih ragu untuk melakukan scan barcode BPOM melalui platform online karena takut tertipu atau malah diarahkan ke website berbahaya. Jika kamu salah satunya, disarankan untuk menggunakan cara scan barcode BPOM tanpa aplikasi.

Manfaatkan perangkat seluler yang dibekali dengan kamera baik itu berupa ponsel ataupun tablet. Usahakan memilih perangkat dengan kamera yang masih jelas dan tidak blur. Fungsi dari kamera ini adalah untuk memindai kode QR dengan mudah tanpa menggunakan produk scan khusus. Langkah mudahnya sebagai berikut:

  • Siapkan kamera ponsel atau tablet yang hasilnya masih bisa terbaca dengan mudah.
  • Jalankan aplikasi kamera yang ada di perangkat.
  • Arahkan kamera ke kode QR pada label BPOM yang ada di kemasan produk.
  • Fokuskan kamera ke kode tersebut.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi produk yang discan.
  • Cek apakah data yang tertampil sesuai dengan data produk atau tidak.

Scan Barcode Bpom Tanpa Aplikasi Gambar 1

Cek Keaslian Produk Secara Manual

Sebab belakangan banyak beredar kasus produk yang beredar tanpa izin resmi dari BPOM, pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk waspada. Salah satu langkah mudah mengeceknya yaitu dengan cara KLIK.

KLIK merupakan sebuah singkatan yang digunakan untuk memudahkan masyarakat mengingat langkah-langkah mudah pengecekan keaslian produk secara offline. Pemaparannya sebagai berikut:

  • K: Kemasan

Lihat bagian kemasan produk apakah dalam kondisi baik atau sudah rusak. Perlu diingat, meskipun masih lengkap, mulai dari kode serta labelnya, tetapi perhatikan juga apakah ada bercak noda yang menempel pada sekitar label dan wadah kemasannya.

Usahakan membeli produk yang menggunakan kemasan masih bagus, artinya tidak sobek, tidak penyok, dan tidak berlubang. Apabila kemasannya berupa kaleng, lihat apakah terlihat karat atau tidak.

  • L: Label

Meski hanya berupa kertas atau tempelan plastik, tetapi label merupakan poin penting yang bisa digunakan untuk memastikan keamanan produk. Pada label, terdapat berbagai informasi penting seperti barcode, ingredients, tanggal expired, dan lain sebagainya.

Cermati seluruh informasi yang tertera di label termasuk tanggal pembuatan dan tanggal expired. Apabila tidak menemukannya, cari barcode serta kode unik produk. Pilih salah satunya saja, kemudian scan.

  • I: Izin Edar

Produk yang aman digunakan harus memiliki izin edar. Biasanya izin edar yang umumnya tertera di kemasan diterbitkan oleh BPOM atau PIRT. Jika sudah ada salah satunya berarti produknya aman untuk digunakan.

Namun apabila ternyata belum ada, sebaiknya berhati-hati. Jangan menggunakan maupun mengkonsumsinya terlebih dahulu sampai informasi mengenai keamanannya terkonfirmasi oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab.

  • K: Kadaluarsa

Seperti yang disinggung sebelumnya, setiap produk umumnya akan diberikan tanggal kadaluarsa di bagian kemasannya. Tidak hanya berlaku untuk makanan, ketika membeli kosmetik, minuman, ataupun produk pembersih, sebaiknya lihat dengan jelas tanggal kadaluarsanya.

Selain yang disebutkan, kamu juga perlu melihat tanggal kadaluarsa dari obat-obatan. Obat yang telah melampaui masa aman konsumsi biasanya kandungannya akan berubah dan berbahaya saat masuk ke tubuh.

Cara Cek Keaslian Produk Secara Online

Kecanggihan teknologi yang kini berkembang memberikan kemudahan masyarakat untuk mengecek Merek Produk BPOM yang beredar di pasaran asli atau palsu. Sekarang ini BPOM mengeluarkan platform online yang sangat praktis digunakan.

1. Melalui Aplikasi BPOM

Aplikasinya sendiri sudah tersedia di Google Plasytore. Tinggal unduh dan instal aplikasinya secara gratis. Ingin tahu bagaimana langkah mudahnya? Langsung saja simak pembahasannya.

  • Masuk ke Google Playstore yang terinstal di ponsel.
  • Pada kolom pencarian, ketikkan aplikasi BPOM.
  • Tap menu unduh, tunggu beberapa saat sampai unduhan seratus persen berhasil.
  • Setelah selesai, tinggal instal aplikasinya.
  • Jalankan aplikasi BPOM yang sudah terinstal.
  • Pada halaman pertama, cari menu pengecekan produk.
  • Di dalam aplikasi tersebut ada tiga opsi pengecekan produk yaitu memasukkan nomor registrasi, nama produk, dan nama produsen.
  • Pilih salah satu dari tiga opsi yang ada.
  • Apabila sudah menentukan salah satunya, ketikkan nomor registrasi dan nama produk.
  • Klik menu cari, lalu tunggu hingga hasilnya keluar.

2. Melalui Website BPOM

Kemajuan teknologi saat ini menjadi angin segar bagi masyarakat karena dapat melakukan berbagai hal tanpa harus jauh-jauh ke kantor cabang terdekat, misalnya saja ketika mengecek nomor BPOM.

Tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, mengecek BPOM dapat dilakukan melalui website resmi BPOM itu sendiri. Lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut:

  • Jalankan web browser yang ada di ponsel atau laptop.
  • Masuk ke website resmi BPOM.
  • Klik https://cekbpom.pom.go.id/ untuk memudahkan prosesnya.
  • Setelah muncul tampilan Cek Produk BPOM, tap pilihan itu.
  • Nantinya akan muncul pilihan Cari Produk dan Cari berdasarkan.
  • Pilih salah satunya kemudian masukkan nomor registrasi yang tertera pada kemasan.
  • Lanjutkan dengan memasukkan nomor BPOM kemudian tinggal klik cari.
  • Sebelum itu, teliti terlebih dahulu apakah data yang dimasukkan sudah benar atau belum.
  • Apabila data produk muncul bisa dipastikan produknya aman, namun jika tidak maka kamu perlu berhati-hati.

3. Melalui Barcode

Meski bukan merk branded, tetapi setiap barang yang boleh beredar di pasaran sebagian besar memiliki barcode. Tidak hanya sebagai hiasan, manfaat penting dari barcode adalah untuk memeriksa informasi produk.

Saat discan, kamu akan mengetahui informasinya secara detail. Lalu sebenarnya bagaimana mengetahui keamanan produk menggunakan barcode? Begini pembahasannya:

  • Cari aplikasi BPOM di Google Playstore atau Appstore.
  • Instal aplikasinya, selanjutnya tinggal buka.
  • Saat pertama kali menggunakannya, biasanya kamu akan diminta untuk mendaftar akun.
  • Tap opsi daftar yang tertampil di halaman pertama aplikasi.
  • Ikuti seluruh proses yang ditunjukkan oleh sistem.
  • Isi data diri secara lengkap, cek terlebih dahulu apakah ada kesalahan atau tidak.
  • Pilih menu buat akun, tunggu hingga prosesnya berhasil.
  • Buka kembali aplikasinya, lalu pilih menu scan produk.
  • Pada saat melakukan scan, usahakan GPS di perangkat sedang menyala.
  • Arahkan kamera belakang HP ke barcode yang ingin discan.
  • Di layar akan langsung tertampil informasi produk secara lengkap.

4. Menggunakan Layanan Google Assistant

Hampir di seluruh ponsel pintar sekarang sudah dibekali dengan Google Assistant.

Selain berguna untuk perintah-perintah kecil, tetapi juga membantu untuk mengetahui keaslian sebuah produk. Langkah-langkahnya tidak sulit, penjelasannya ada di bawah ini:

  • Jalankan aplikasi Google Assistant di dalam perangkat.
  • Caranya adalah dengan menekan lama tombol home.
  • Setelah pop up Google Assistant muncul, pilih menu Google lens.
  • Tekan allow saat diminta persetujuan oleh sistem.
  • Lanjutkan dengan melakukan scanning di barcode atau QR code pada produk.
  • Biarkan sistem menjalankan prosesnya selama beberapa waktu.
  • Kunjungi tautan yang tertampil pada layar.

Cara Mudah Mengecek Produk yang Ditarik dari Pasaran

Pada awalnya, ada kemungkinan produk diberikan izin edar oleh BPOM. Tetapi setelah peluncuran versi berikutnya, izin edarnya ditarik karena satu dan lain hal. Penyebabnya bervariasi, ada yang karena kandungannya berbahaya serta tidak sesuai ketentuan atau faktor lain.

Terkadang meski sudah dicabut izin edarnya, masih ada pihak yang memaksa untuk mengedarkan produknya. Karena pada awalnya sudah dipercaya oleh khalayak luas, tidak jarang yang tetap menggunakannya sebab tidak tau jika izin edarnya telah dicabut.

Ada trik untuk mengetahui apakah suatu produk sudah ditarik dari pasaran atau belum, begini penjelasannya:

  • Buka web browser, misalnya Google Chrome kemudian cari situs resmi dari BPOM yaitu pom.go.id.
  • Klik bagian menu daftar produk.
  • Lanjutkan prosesnya dengan mencari menu produk ditarik.
  • Tunggu sistem masuk ke halaman produk yang ditarik.
  • Setelahnya di layar akan tertampil daftar data produk.
  • Klik bagian pencarian, ketikkan nama atau kode produk.
  • Mulai dari obat-obatan hingga makanan.
  • Pilih opsi cek produk BPOM dan/atau cek nomor BPOM dengan menggunakan nomor registrasi, nama produk, nama merek, hingga NPWP pendaftar.
  • Tentukan produk yang diinginkan, lanjutkan dengan mengklik lanjutkan.
  • Sistem website akan menampilkan nama produk-produk yang ditarik oleh BPOM.
  • Umumnya setiap produk yang ditarik selalu disertai alasan penarikannya.

Itulah ulasan lengkap terkait dengan cek BPOM yang sebaiknya diketahui baik oleh tenaga kesehatan ataupun masyarakat biasa. Jangan sampai mengabaikan keamanan produk tanpa mengetahui seluk beluk serta kandungan yang ada di dalamnya secara teliti.

Adapun cara cek produk bpom dengan mudah dan benar yang bisa anda lakukan melalui hp anda sendiri. Selain itu juga kalian bisa scan qr code bpom tanpa aplikasi hanya dengan mengakses situs cek bpom info yang dapat mempermudah dalam pengecekan. Namun memang paling direkomendasikan untuk mengeceknya disitus resmi bpom ya.

Adapun selain untuk kepentingan pegecekan bukanya hanya cek bpom saja yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan informasi tentang produk. Pada saat ini produk juga penting untuk dilihat dalam sudut pandang halal, anda bisa mengecek kehalalan produk dengan mengunjungi situs halal untuk informasi lengkapnya.